Siapa sih yang gak benci pelajaran matematika?
Kalo gw ibaratkan ya, perbandingan anak yang berhasil dan
tidak berhasil dalam pelajaran matematika adalah 1:7. “berhasil” tersebut
diartikan mengerti dan bisa menyelesaikan soal matematika, bukan berarti tiap
ulangan dapet nilai 10.
Waktu pertama gue masuk SMA, guru matematika gue, namanya bu
Wahyu. Pas dia dateng, dia cuman bilang “Ass, wr wb. Nama ibu Wahyu blablabla
(nama panjangnya lupa). Kita langsung masuk materi pertama yaitu mengenai
eksponen. Yak ada yang tau apa itu eksponen?”
Udah gitu aja perkenalannya. Habis itu dia ngomong bahasa
negri antah berantah yang gak gw ngerti sama sekali. Beda sama guru lain yang
jam pertamanya ngabisin waktu nyeritain riwayat hidupnya sampe bersabun-sabun
berbusa-busa. Jam keduanya diabisin buat nyeritain tentang istrinya, anaknya..
ebusetdah.
Dari perkenalan itu, kita tau kalo tuh guru ngajarnya itu
kelewat cepet! Terlalu cepet nerangin, terlalu cepet ngasih PR, terlalu cepet
ulangan harian, terlalu cepet dateng ke kelas (belom ngerjain PR nih!)..
pertamanya gw fine-fine aja sama itu guru, tapi makin lama rasanya gw makin
ketinggalan.
Sampai tibalah ulangan harian matematika pertama, gue
ngerjain dengan bejo-bejoan. Ada yang gue kerjain sendiri, ada yang nyontek,
ada yang mengarang bebas. Sebenernya soalnya sih cuman 5, essay semua. Walaupun
ya, gw udah optimis bakal remed.
Trus waktu itu pas jam istirahat, itu guru nganterin hasil
ulangan kemarin ke kelas. Nilainya do-re-mi, gak jauh-jauh dari 1,2 dan 3.
Ancur seancur-ancurnya. gw belom liat nilai gw berapa, karena masih
dikerubungin anak-anak lain, gw liat Adit dapet 2 komaan. Yaa berarti
seenggaknya nilai gw gak jauh-jauh dari Adit, kalo enggak 2 ya paling 3. Trus, gw
ikutan nyari lembar ulangan gw..
Dan nilai gw adalah..
0,4
Cetaarrr membahana..
Parah men! Adit nyotek ke gw dan dia dapet nilai 4 kali
lebih bagus dari gw?! Rasanya waktu itu gw cuman mau mamerin nilai gw yang
bahkan gak nyampe 5% dari nilai 10. Woy, gue dapet nilai paling jelek di kelas,
tau?!
Gw sih nggak malu-malu amat dapet nilai segitu. Gue malah
bangga “Eh, jangan salah. Ini murni kemampuan gue coy. Seenggaknya gue jujur!”
sambil gue pamer-pamerin ke yang lain. Habis itu, kertas ulangan gw gue foto.
Ada lagi sih temen yang dapet nilai 0,8 dan 0,9. Tapi, kemana-mana, masih
jelekan gw lah.
Waktu pulang sekolah, Lutfi, temen dari kelas sebelah
bilang, “Fir, lu dapet 0,4 ulangan matematika?”
“Umm.. Iya, hebat kan?” astaga tau dari mana anak ini?
Setelah itu gw udah males belajar matematika lagi, jarang
ngerjain PR (heh jangan salah, tadinya gw rajin walaupun cuman coba-coba).
Biasanya gw ngerti pas pelajarannya aja, besoknya udah lupa wkwk. Atau malah
nggak ngerti sama sekali.
Matematika itu suram. SurraaaammMM.
No comments:
Post a Comment